Minggu, 30 April 2017

Mempelajari bahasa Inggris pada era saat ini sangat penting. Apalagi hampir di semua sendi kehidupan banyak ditemukan bahasa Inggris. Dalam dunia kerja, sering kali ditemukan persyaratan bagi para calon tenaga kerja, harus bisa menguasai bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris juga bisa membantu dalam mencari informasi ataupun ilmu dengan lebih luas lagi. Dalam mempelajari bahasa internasional ini, akan ditemui kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat introgatif. Tetapi, sering kali para pemula merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Nah, untuk itu, dalam postingan kali ini saya berniat untuk membagikan bagaimana caranya membuat kalimat introgatif atau kalimat tanya dengan cara mudah.

RUMUS MEMBUAT KALIMAT INTROGATIF 
Sebelum membuat kalimat tanya, tentukan dulu apakah kalimat itu menggunakan What (apa), When (kapan), Where (dimana), Who (siapa), Why (kenapa), How (bagaimana), atau kalimat tanya yang jawabanya adalah Yes (iya) atau No (tidak). Kemudian tentukan juga apakah kalimat tersebut kalimat verbal atau nominal. Untuk lebih jelas, perhatikan berikut ini :

  1. Kalimat Introgatif dengan 5W1H
  • Kalimat Verbal
Kata Tanya + Do/Does + Subject + Verb1   
Kalimat verbal adalah kalimat yang mengandung kata kerja operasional/melakukan tindakan. Apabila subject yang digunakan adalah I/You/We/They, gunakan Do. Tetapi, jika subject menggunakan He/She/It, gunakan Does. Untuk kalimat past tense, gunakan Did apapun subjectnya. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh berikut :
When does he read? (kapan dia membaca?)
Why do they cry? (kenapa mereka menangis?)
Why did you take me there? (kenapa kamu membawaku kesana? (lampau))
  • Kalimat Nominal 
Kata Tanya + To Be (is/am/are/was/were) +...   
Kalimat nominal adalah kalimat yang tidak mengandung kata kerja operasional. Atau bisa dikatakan bawa Do, Did, Does digunakan untuk kalimat tanya yang mengandung kata kerja, sedangkan To Be digunakan untuk kalimat  tanya yang mengandung kata benda atau kata sifat. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh berikut :
What is it? (apa ini?)
How is in the house? (bagaimana kondisi dalam rumah?)
     2.   Kalimat Introgatif dengan Jawaban Yes/No
Pada konsep kalimat tanya ini, berbentuk pertnyaan "Apakah" sehingga hanya menggunakan jawaban 'Yes/No'. Sama seperti sebelumnya, kalimat tanya ini mempunyai dua bentuk yaitu, kalimat verbal dan kalimat nominal. Tetapi bedanya, pada kalimat tanya ini, Do/Does atau To be ditempatkan di awal kalimat. 
  •  Kalimat Verbal 
Do/Does/ + Subject + Verb1 + ...
 Contoh :
Do you borrow my book? (apakah kamu meminjam bukuku?)
Does she eat her pizza? (apakah dia memakan pizzanya?)

Untuk menjawab pertanyaan di atas, gunakan rumus :
Yes + Subject + Do/Does   (untuk jawaban positif)

No + Subject + Do/Does + Not    (untuk jawaban negatif)
Contoh :
Yes, I do
No, she does not / doesn't
  • Kalimat Nominal
To Be + Subject + ... 
Contoh :
Is she a student? (apakah dia seorang siswa?)
Are you my teacher? (apakah Anda guru saya?)
Untuk menjawab kalimat nominal di atas, gunakan rumus :
Yes + Subject + To Be (untuk jawaban positif)
 
No + Subject + To Be + not   ( untuk jawaban negatif)
Contoh :
Yes, she is
No, I am not
 
Mungkin cukup untuk kali ini, kuncinya adalah bahwa Do/Does itu untuk kalimat yang mengandung kata kerja, tetapi untuk To Be untuk kalimat yang mengandung kata benda atau kata sifat. Jika terdapat kesalahan, saya sangat mengaharap masukan dari Anda. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat :)
Untuk gambar, saya tidak tau sumbernya :v tapi siapapun pemiliknya, saya ucapkan terima kasih.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Amityville :The Awakening 2017 Sinopsis, Daftar Pemain, dan Trailler

 Amityville: The Awakening  adalah sebuah film bergenre Horror asal HollyWood. Film ini akan disutradarai oleh Franck Khalfoun yang juga ...

- Copyright © Pelajar Indonesia Hebat - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -