Selasa, 23 Mei 2017

Benteng Pendem Ambarawa merupakan salah satu tempat wisata semarang yang seringkali ramai dikunjungi para wisatawan. Tak hanya keindahannya, benteng ini menyimpan banyak sekali kenangan bersejarah ketika masa-masa penjajahan. Dalam artikel ini akan dijelaskan sekilas sejarah, misteri dan review benteng pandem ambarawa.

Sejarah Benteng Pendem Ambarawa

sejarah benteng pendem ambarawa
dikkisgetaway.files.wordpress.com
Istilah pendem atau pendhem ternyata berasal dari bahasa Jawa disebabkan posisi benteng ini berada di bawah tanah, sebagai siasat perang. Sekitar tahun 1840-an ketika VOC mulai berkuasa di pulau Jawa merupakan Awal didirikannya benteng ini. VOC membangun benteng-benteng di sepanjang jalur Semarang sampai ke Oenarang (sekarang namanya menjadi Ungaran) – Salatiga – Surakarta (Solo).
Ambarawa merupakan salah satu titik strategis antara Surakarta dan Semarang. Rancangan pembuatan Benteng Pendem Ambarawa dibuat untuk memperbaiki hubungan antara VOC dengan Kerajaan Mataram. Selain Benteng Kamp-kamp militer juga dibangun di daerah yang dilewati oleh VOC, tak terkecuali Ambarawa.
Saat masa kekuasaan Kolonel Hoorn, sekitar tahun 1827-1830 sempat dibuat barak militer untuk penyimpanan logistik militer. Kemudian pada tahun 1834 dibangunlah sebuah benteng modern di daerah Ambarawa yang kemudian diberi nama Benteng Willem I yang pembangunannya berakhir pada tahun 1845.
benteng pendem ambarawa
kkpk.org
Pada tahun 1853-1927 Benteng ini digunakan dan difungsikan sebagai barak militer KNIL yang ketika itu terhubung ke Yogyakarta, Magelang, dan Semarang menggunakan jalur kereta api. Pada umumnya benteng Pendem Ambarawa dibangun dengan tujuan untuk memperkuat dan untuk bertahanan dari serangan musuh.
Tak hanya Benteng, Kalian akan menemukan beberapa parit yang mengelilingi benteng. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pertahanan. Namun, pada Benteng Willem I, desainnya sangat berbeda berbeda dengan benteng lain. Benteng ini memiliki banyak jendela, Karena benteng ini memang tidak dirancang untuk pertahanan.
Besar Kemungkinan benteng Benteng Pendem Ambarawa di fungsikan untuk penyimpanan logistik militer dan untuk barak militer. Dalam benteng ini juga tidak ditemukan bangunan lain sebagai tameng. Dan tidak juga ada bekas bekas lobang di puncak puncak dinding seperti halnya pada benteng benteng peninggalan Portugis yang dirancang untuk memasang meriam.

Pesona Sejarahnya Akan Selalu Abadi

benteng pendem ambarawa bagian atas
windyanggraina.com
Di sebagian bangunan bersejarah Benteng Pendem ambarawa seharusnya mendapatkan perawatan dan perhatian yang lebih. Karena benteng ini merupakan salah satu warisan bersejarah Indonesia yang memiliki nilai cerita yang tinggi. Terbukti tak banyak informasi sejarah yang bisa di dapatkan dari Benteng Pendem ambarawa.
Saat ini kondisi Benteng Pendem ambarawa sungguh memprihatinkan. Karena Selain dijadikan Ojek pariwisata dan tempat tinggal, Benteng ini juga difungsikan sebagai tempat menaruh kandang ayam oleh orang-orang yang tinggal di Benteng Pendem ambarawa ini.
Jika saja pemerintah mau, sebetulnya bangunan bersejarah seperti Benteng Pendem ini bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi sejarah yang menarik. Bahkan, bisa juga menjadi maskot baru bagi Ambarawa sebagai kota Museum Kereta. Apalagi Ambarawa sudah sangat lekat dengan kota wisata sejarah.

Riwayat Benteng Pendem Ambarawa

benteng pendem ambarawa dilihat dari atas
Reservasi.com
  • Tahun 1834 – 1845 : Dimulainya Pembangunan benteng.
  • Tahun 1865 : Beberapa bagian bangunan Benteng Pendem Ambarawa hancur akibat bencana Gempa.
  • Tahun 1927 : Pemindahan penjara tawanan anak-anak menjadi penjara tahanan politik dan tahanan dewasa yang lainnya.
  • Tahun 1942 – 1945 : Benteng Pendem Ambarawa dikuasai negara Jepang yang kemudian dipergunakan sebagai kamp militer.
  • Tahun 1945 : Dijadikan sebagai Markas besar TKR ( Tentara Keamanan Rakyat ).
  • Tahun 1950 : Benteng Pendem Ambarawa digunakan Sebagai penjara dewasa dan barak militer.
  • Tahun 1985 : Sebagai penjara anak-anak dan barak militer (penyimpanan barang).
  • Tahun 1991 : Digunakan Sebagai penjara kelas II B dan barak militer.
  • Tahun 2003 – sekarang : Lapas Kelas II A dan barak militer.
Demikian tadi pembahasan mengenai Benteng Pendem Ambarawa, semoga bisa bermanfaat. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.
sumber : paaja.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Amityville :The Awakening 2017 Sinopsis, Daftar Pemain, dan Trailler

 Amityville: The Awakening  adalah sebuah film bergenre Horror asal HollyWood. Film ini akan disutradarai oleh Franck Khalfoun yang juga ...

- Copyright © Pelajar Indonesia Hebat - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -