Kebanyakan orang yang mulai belajar bahasa Inggris memulainya dengan membaca. Namun urutan tersebut ternyata salah. Jika diumpamakan seperti siklus pertumbuhan bayi, maka hal pertama yang dapat dilakukan oleh bayi adalah mendengarkan (LISTENING), dilanjutkan dengan meniru apa yang sudah didengarkannya melalui perkataan(SPEAKING), diteruskan dengan membaca apa yang telah diucapkan (READING), dan yang terakhir adalah dengan menulis(WRITING). Jika urutan dan proses belajarnya salah, maka proses pembelajaran bahasa Inggris jadi melompat-lompat dan tidak efisien. Hasilnya jika diawali dengan belajar membaca terlebih dahulu kemungkinan terbesarnya adalah mereka salah dalam pengucapan. Hal ini dikarenakan masih terbawanya bahasa ibu dalam bahasa sehari-hari mereka. Padahal kita ketahui bersama bahwa bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia memiliki perbedaan yang cukup jauh jika dilihat dari penyusunan kata dalam kalimat.
Untitled design (1)
Hal pertama yang harus dilakukan dalam belajar Listening bahasa Inggris adalah dengan mencoba untuk membiasakan diri dengan segala macam hal yang berbau Inggris. Kalian bisa memulainya dengan mencoba untuk mendengarkan cerita bahasa Inggris atau film. Pastikan jika menonton film usahakan yang tidak bersubtitle, atau cari yang memiliki subtitle bahasa Inggris juga. Dengarkan secara berulang-ulang supaya squliners lebih familiar dengan pengucapan bahasa Inggris tersebut.
Proses belajar Listening memang tidak bisa secara instan. Perlu waktu yang relatif lebih lama utuk membiasakan diri dengan suara asing dari bahasa Inggris. Selain itu, proses belajar bahasa Inggris juga memerlukan kemampuan bawah sadar otak untuk lebih mengingat apa yang sudah terserap dari proses mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris tadi.
Untitled design (2)
Jika Anda sudah mulai terbiasa dengan proses mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris tadi, maka sekaranglah saatnya untuk mempraktekkannya. Seiring dengan semakin terbiasanya kamu mendengarkan percakapan bahasa Inggris, secara tidak sadar otak kamu juga merekan bagaimana pengucapan yang benar dalam bahasa Inggris. Kamu tidak perlu lagi mempelajari Pronunciation dalam bahasa Inggris untuk mengetahui cara pengucapannya, hanya saja perlu melatih dan terus membiasakan lidahmu untuk berbicara dengan bahasa Inggris.

_Sumber : Squiline