Selasa, 09 Mei 2017

Di beberapa sekolah, Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswanya. Biasanya dilaksanakan pada hari jum'at atau hari sabtu. Mungkin, kebanyakan siswa tidak menyukai kegiatan ini, karena mungkin terlalu menguras tenaga. Meskipun begitu, masih ada kok yang suka sama ekstrakulikuler menantang ini. Tapi, tahukah kalian manfaat dari kegiatan Pramuka?

Berikut adalah beberapa contoh manfaat dari kegiatan Pramuka :

1. Melatih Kedisiplinan
Kegiatan ini mengajarkan pada kita untuk mempunyai sifat disiplin. Misalnya, saat apel. Kita dituntut untuk datang tepat waktu sesuai jadwal. Selain itu, kita juga harus mengenkan atribut lengkap saat apel. Mulai dari sepatu hitam mutlak, kaos kaki hitam, topi,hasduk, dll.

2. Melatih Hidup Hemat
Pada saat kemah, biasanya dilaksanakan di hutan atau di sekitar hutan yang jauh dari perkotaan. Dalam situasi seperti ini, kita dituntut untuk menghemat bahan makanan karena terbatas jumlahnya.

3. Menumbuhkan Jiwa Berbagi
Selain harus berhemat, dalam kegiatan ini juga kita harus saling berbagi, baik itu berbagi makanan atau minuman, ataupun berbagi tempat tidur.

4. Gotong Royong
Saat kemah, biasanya kita mendirikan tenda untuk beristirahat dan melindungi diri dari berbagai ancaman dari alam. Pada saat mendirikan tenda, diperlukan kerjasama yang baik agar tenda bisa berdiri dengan baik.

5. Meningkatkan Cinta Kepada Tuhan
Sebelum melaksanakan kegiatan atau mengakhiri kegiatan, kita diharuskan untuk berdoa. Selain itu, dalam kegiatan Pramuka kita tidak boleh mengeluh apapun kondisinya, membuat kita semakin bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

6. Melatih Ketelitian
Dalam Pramuka, kita diajarkan beberapa sandi, seperti sandi rumput, sandi morse, dan lain-lain. Kita diharuskan dapat membaca sandi-sandi itu dengan baik dan benar. Selain itu, kita juga harus bisa membaca kalimat melalui kibasan Semaphore.

Bagaimana? Dibalik melelahkannya kegiatan Pramuka,  ternyata tanpa sadar kita dididik menjadi pribadi yang baik kan? Jadi, masih mau benci Pramuka?

Salam Pramuka!
 sumber gambar : Rakasmuda Blog

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Amityville :The Awakening 2017 Sinopsis, Daftar Pemain, dan Trailler

 Amityville: The Awakening  adalah sebuah film bergenre Horror asal HollyWood. Film ini akan disutradarai oleh Franck Khalfoun yang juga ...

- Copyright © Pelajar Indonesia Hebat - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -