Jumat, 19 Mei 2017

Misteri Angka 4 Romawi Jam Gadang

Penulisan yang di luar patron angka Romawi tersebut hingga saat ini masih diliputi misteri.

Puri Yuanita
 | 18 Januari 2016 19:22
Dream - Padang, Sumatera Barat identik dengan keberadaan Jam Gadang. Padahal Jam Gadang sendiri tak persis terletak di Kota Padang, melainkan di pusat kota Bukittinggi.
Dalam bahasa Indonesia, Jam Gadang berarti 'jam yang besar'. Dan benar adanya, jam ini memang dibuat sangat besar. Bahkan tingginya mencapai 26 meter.
Jam ini terletak di dalam kawasan taman seluas 100 meter. Di dekat taman terdapat Pasar Atas, yang merupakan pusat perdagangan di Bukittinggi.
Jam Gadang dibangun pada tahun 1826 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada sekretaris kota, Rook Maker. Atapnya telah berubah tiga kali, seiring perubahan sejarah kota Bukittinggi.
Pada masa Belanda, atapnya bulat dengan patung ayam jantan di atasnya. Sementara kini, atapnya mencerminkan arsitektur rumah tradisional Minangkabau.
Satu hal yang menarik dari ikon Sumatera Barat ini adalah angka romawi IV di dalam jam yang ditulis dengan 'IIII'. Penulisan yang di luar patron angka Romawi tersebut hingga saat ini masih diliputi misteri.
Namun, keganjilan pada penulisan angka tersebut justru membuat Jam Gadang menjadi kian menarik dan menggugah rasa penasaran wisatawan.
Dilansir dari situs Pemerintah Kota Bukittinggi, ada cerita yang berkembang di masyarakat setempat seputar keberadaan angka 4 Romawi aneh tersebut.
Ada sebagian masyarakat yang mengartikannya sebagai penunjuk jumlah korban yang menjadi tumbal ketika pembangunan jam ini. Ada pula yang mengartikan, 4 orang pekerja bangunan pembuat jam Gadang meninggal setelah jam tersebut selesai.
Terlepas dari misteri angka 4 tersebut, Jam Gadang merupakan satu dari dua jam di dunia yang menggunakan mesin manual Brixlion ciptaan seorang bangsawan terkenal Eropa, Forman. Jam lain yang menggunakan teknologi ini adalah Big Ben di Inggris.

sumber : travel.dream.co.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Amityville :The Awakening 2017 Sinopsis, Daftar Pemain, dan Trailler

 Amityville: The Awakening  adalah sebuah film bergenre Horror asal HollyWood. Film ini akan disutradarai oleh Franck Khalfoun yang juga ...

- Copyright © Pelajar Indonesia Hebat - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -